Pages

29 Juli 2014

Tugas Kuliah Tes Konstruksi



BAB I
 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

          SepakTakraw adalah olahraga yang telah menjadi salah satu budaya bangsa Indonesia sejak Zaman dahulu. Ini dapat dilihat di berbagai tempat ditanah air yang begitu mengenal olahraga ini, sebut saja daerah yang begitu dikenal dan akrab dengan olahraga ini yaitu, Sulawesi Selatan. Ketika orang – orang menyebut sepaktakraw terlintas bahwa olahraga tersebut sering dimainkan di daerah sulawesi selatan.

          Selain sulawesi selatan daerah kepulauan sumatera juga telah mengenal olahraga ini dengan permainan rakyat mereka sendiri. Olahraga sepaktakraw adalah permainan rakyat yang dalam bahasa Malayu disebut Sepak Raga, di wilayah Indonesia khususnya didaerah Sumatera Barat di sebut Sepakrago, di Sulawesi Selatan Sepakraga dan masih banyak lagi. Di negara tetangga kita juga telah mengenal olahraga ini dengan nama tersendiri contohnya disebut Takraw dalam bahasa Thai, di Filipina disebut Sipa, di Burma disebut; Chinlone, di Laos disebut Kator.

 Pada permainan Sepak Raga para pemain berdiri membentuk lingkaran dan menggunakan bola terbuat dari rotan yang dianyam bulat menyerupai bola. Sekarang bola yang digunakan tidak lagi yang terbuat dari rotan tetapi terbuat dari fiber. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King’s Cup World Championships atau yang biasa di sebut dengan Piala Raja Thailand yang diadakan di Bangkok, Thailand setiap setahun sekali. Dan sekarang olahraga ini telah masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di Sea Games maupun Asian Games, di Sea Games terakhir tahun 2009 dan Asian Games 2010 Indonesia hanya meraih medali perunggu.

1.2  Tujuan.

A.  Dengan melakukan tes maka kita akan tahu tentang kemampuan teknik dasar dalam bermain sepak takraw.

B.     Menganalisis gerakan agar lebih baik dan efisian


BAB II
KERANGKA TEORI

1.1   Definisi

 Sepak takraw adalah permainan yang memerlukan kerjasama tim, Dimana dalam bermain membutuhkan ketrampilan setiap pemain dalam memainkan bola sepak agar dapat menghasilkan angka atau point dalam bertanding. Sepaktakraw membutuhkan tingkat flexibilitas yang baik agar dapat mengurangi cidera dalam melakukan setiap gerakan, yaitu melakukan service, smash maupun dalam blok. Untuk mendukung ketrampilan dalam bermain,kondisi fisik harus baik.

1.2   Karakteristik

 Sepaktakraw dimainkan oleh dua regu yang dipisahkan oleh jaring atau net dimana kedua regu memainkan bola agar tidak jatuh mengenai lantai. Dalam bermain atau bertanding, bola dimainkan sebanyak 3 kali operan dalam satu regu, bola boleh disundul atau heading, ditendang dengan kaki bagian luar maupun kaki bagian dalam bahkan dengan punggung kaki, menggunakan paha dalam mengontrol bola.Dalam arti semua anggota tubuh boleh dipakai dalam memainkan bola kecuali tidak boleh mengenai tangan.
      Dahulu bola yang dipakai terbuat dari rotan, Seiring dengan perkembangan olahraga ini maka bola dibuat dari fiber campuran plastik, agar lebih tahan lama dan lebih aman dalam bermain.
 Nomor yang dipertandingkan dalam cabang sepaktakraw adalah Nomor Tim, Regu, Double, dan Hoop takraw. Dalam bermain atau pertandingan yang melakukan service disebut dengan Tekong, ada  tugasnya mengumpan bola biasa disebut dengan Fider dan yang melakukan smash disebut spiker. Poin dalam setiap set dalam sepaktakraw terdiri dari 21angka dengan point maksimal 25 dan apabila terjadi set yang sama maka dilanjutkan set ketiga dengan angka sampai 15 maksimal point 17.

1.3  Analisis

1.        Service double
Saya mengambil tes ini karena didalam permainan dinomor double event setiap pemain diharapkan dapat melakukan service dari belakang garis lapangan. Dengan tes ini diharapkan setiap pemain dapat memaksimalkan kemampuannya dalam melakukan service double dengan baik.

2.        Service atas
Service adalah salah satu serangan awal yang harus dimaksimalkan oleh oleh seorang tekong didalam bermain dan melalui tes ini diharapkan kita dapat memberikan latihan yang tepat sehingga tekong dapat melakukan service atas dengan baik dan keras.

3.        Sepak sila
Sepak sila adalah salah satu teknik dasar yang paling dominan dalam permainan sepaktakraw. Dimana dalam bertahan maupun dalam menyerang kita menggunakan sepak sila untuk mengumpan. Melalui tes ini kita dapat melihat kemampuan seorang atlet dalam melakukan sepak sila

4.        Service Drop shot
Drop shot atau service pelan adalah variasi dari service atas yang keras dimana ini dilakukan untuk mengecoh lawan. Dengan tes ini kita dapat mengetahui kemampuan seorang tekong dalam melakukan service drop shot 

5.        Smash keras
Smash dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan smash kedeng dan smash gulung. Melalui tes ini ddiharapkan seorang spiker dapat melakukan smash dengan baik, keras, terarah sehingga dapat menghasilkan point