Pages

6 Agustus 2014

Belajar Teknik Sepaktakraw

Teknik Sepak Cungkil dan Sepak Badek

D. Sepak cungkil adalah sepakan dengan menggunakan kaki bagian atas atau punggung kaki. Teknik sepak cungkil ini digunakan untuk mengambil dan menyelamatkan bola yang jauh dan rendah datangnya atau dengan kata lain bahwa ketika bola datang dan tidak terjangkau dengan sepak sila maka kita menggunakan teknik sepak cungkil.

Sepak cungkil dilaksanakan sebagai berikut:
sepak cungkil
# Pemain berdiri dengan kedua kaki menghadap kedatangan bola
Kedatangan bola yang cepat sehingga membuat pemain tidak sempat melangkahkan kaki untuk berdiri lebih dekat dengan bola di dekat bola akan jatuh.  

Perlu diperhatikan untuk mengambil atau menyepak bola yang datang sebaiknya menggunakan kaki yang dominan. Oleh karena itu upaya terakhir dari pemain adalah dengan cara menjangkau bola sambil melangkahkan kaki kanan jauh ke depan untuk menyambut kedatangan bola yang hampir menyentuh lantai atau tanah.  
Fungsi sepak cungkil adalah sebagai upaya mengangkat bola yang hampir menyentuh tanah dan jauh dari jangkauan kaki.


sepak badek
E. Sepak badak / badek adalah menyepak bola dengan kaki bagian luar atau samping luar. Sepak badek ini dapat pula disebut sepak simpuh. Dikatakan sepak simpuh karena menyepaknya seperti sikap bersimpuh.

Sepak badek dilakukan dengan gerakan sebagai berikut :
# Pemain berdiri pada kedua kaki menghadap kearah datangnya bola. 
# Bola dengan kecepatan tinggi diperkirakan akan jatuh ke belakang sehingga badan tidak sempat berputar, maka tumit menyambut bola. Pantulan bola diharapkan melambung supaya pemain lain punya kesempatan untuk meraih bola tersebut. Mata diusahakan mengikuti jalannya bola walaupun hanya mampu melirik ke belakang. 

Fungsi dari Teknik sepak badek adalah sebagai upaya terakhir dalam mengambil bola yang cepat dimana bola tersebut sudah tidak bisa diambil dengan menggunakan sepak sila maupun dengan sepak cungkil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar