oleh : Steven
A.
Metode,
Karakter Materi, dan Karakter Siswa
1.
Hakikat
Metode Resiprokal
Metode dalam
pembelajaran adalah cara yang di gunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan
pada siswa pada saat pengajaran berlangsung. Metode mengajar berfungsi sebagai
alat untuk mencapai tujuan pengajaran.makin baik metode yang di gunakan makin
efektif untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
Metode
resiprokal memberikan kebebasan pada siswa untuk keputusan yang lebih
luas.selain kebebasan untuk membuat keputusan sehubungan dengan pelaksanan
tugas-tugas dari siswa yang menjadi pelaku adalah melekukan tugas-tugas serta
keputusan yang di minta oleh gaya atau olah gerak.sedangkan siswa pengamat di
berikan kewajiban menilai hasil belajar secara terbatas. Peneliaan yang
terbatas pada peneilaian formatif dan korektif oleh seorang terhadap seorang
siswa. Oleh sekelompok siswa terhadap siswa lain, atau oleh kelompok siswa
terhadap hasil belajar seorang siswa. Pada dasarnya metode ini menerapkan teori
umpan balik atau feedback, Teori beranggapan bahwa informasi tentang hasil belajarnya di kemudian hari.
- Kelas
diatur berpasangan atau berklompok
dengan peranan-peranan khusus untuk setiap individu :
1) Salah
satu dari pasangan adalah “pelaku” (p)
2) Siswa lainya jadi pengamat (a)
3) Guru (G) memegang peranan khusus untuk berkomunikasi dengan pengamat.
4) Peranan pelaku seperti dalam Gaya Latihan
5) Peranan pengamat adalah memberikan umpan balik kepada pelaku
6) Guru mengamati baik “p” maupun “a” tetapi hanya berkomunikasi “a”
2) Siswa lainya jadi pengamat (a)
3) Guru (G) memegang peranan khusus untuk berkomunikasi dengan pengamat.
4) Peranan pelaku seperti dalam Gaya Latihan
5) Peranan pengamat adalah memberikan umpan balik kepada pelaku
6) Guru mengamati baik “p” maupun “a” tetapi hanya berkomunikasi “a”
Karakteristik Gaya Resiprokal
·
Dalam gaya ini ada tuntutan –tuntutan baru
bagi guru dan pengamat.
1) Guru harus menggeser umpan balik kepada siswa pengamat.
2) Pengamat haru belajar bersikap positif dan memberi umpan balik.
3) Pelaku harus belajar menerima umpan balik dari teman sebaya.
1) Guru harus menggeser umpan balik kepada siswa pengamat.
2) Pengamat haru belajar bersikap positif dan memberi umpan balik.
3) Pelaku harus belajar menerima umpan balik dari teman sebaya.
·
Keputusan-keputusan yang di lakukan oleh
guru.
1) Sebelum pertemuan.
2) Selama pertemuan.
3) Sesudah pertemuan.
1) Sebelum pertemuan.
2) Selama pertemuan.
3) Sesudah pertemuan.
Keuntungan Resiprokal :
1. Memberi
umpan balik seketika tanpa ditunda-tunda
2. Dapat
mengembangkan cara kerja dalam tim kecil
3. Meningkatkan
proses belajar mengajar
4. Siswa
dapat menganalisa dan mengambil kesimpulan
5. Membangun
tingkat kedewasaan siswa
Kerugian Resiprokal :
1. Sering
menimbulkan situasi yang emosional antara pelaku dan pengamat
2. Pada
umumnya pelaku tidak tahan terhadap kritik siswa pengamat
3. Sering
juga terjadi pasangan ini justru menetapkan suatu perilaku belajar
4. Penilaian
yang tidak subjektif karena hubungan pertemanan
5. Control
guru yang tidak tepat
Menurut kalian menggunakan Metode apa didalam memaksimalkan proses belajar mengajar di dalam kelas. sehingga apa yang di sampaikan oleh Guru sebagai pengajar atau pembimbing dapat diterima dengan baik oleh para siswa.
Menurut kalian menggunakan Metode apa didalam memaksimalkan proses belajar mengajar di dalam kelas. sehingga apa yang di sampaikan oleh Guru sebagai pengajar atau pembimbing dapat diterima dengan baik oleh para siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar