Pages

29 Juli 2014

Kuliah analisis penjas

oleh : Steven

A.     Metode, Karakter Materi, dan Karakter Siswa
1.     Hakikat Metode Resiprokal
Metode dalam pembelajaran adalah cara yang di gunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan pada siswa pada saat pengajaran berlangsung. Metode mengajar berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pengajaran.makin baik metode yang di gunakan makin efektif untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
Metode resiprokal memberikan kebebasan pada siswa untuk keputusan yang lebih luas.selain kebebasan untuk membuat keputusan sehubungan dengan pelaksanan tugas-tugas dari siswa yang menjadi pelaku adalah melekukan tugas-tugas serta keputusan yang di minta oleh gaya atau olah gerak.sedangkan siswa pengamat di berikan kewajiban menilai hasil belajar secara terbatas. Peneliaan yang terbatas pada peneilaian formatif dan korektif oleh seorang terhadap seorang siswa. Oleh sekelompok siswa terhadap siswa lain, atau oleh kelompok siswa terhadap hasil belajar seorang siswa. Pada dasarnya metode ini menerapkan teori umpan balik atau feedback, Teori beranggapan bahwa informasi tentang hasil belajarnya di kemudian hari.
Pelaksanaan Metode resiprokal
-     Kelas diatur  berpasangan atau berklompok dengan peranan-peranan khusus untuk setiap individu :
1)     Salah satu dari pasangan adalah “pelaku” (p)
2)     Siswa lainya jadi pengamat (a)
3)     Guru (G) memegang peranan khusus untuk berkomunikasi dengan pengamat.
4)     Peranan pelaku seperti dalam Gaya Latihan
5)     Peranan pengamat adalah memberikan umpan balik kepada pelaku
6)     Guru mengamati baik “p” maupun “a” tetapi hanya berkomunikasi “a”
Karakteristik Gaya Resiprokal
·           Dalam gaya ini ada tuntutan –tuntutan baru bagi guru dan pengamat.
1)     Guru harus menggeser umpan balik kepada siswa pengamat.
2)     Pengamat haru belajar bersikap positif dan memberi umpan balik.
3)     Pelaku harus belajar menerima umpan balik dari teman sebaya.
·           Keputusan-keputusan yang di lakukan oleh guru.
1)     Sebelum pertemuan.
2)     Selama pertemuan.
3)     Sesudah pertemuan.
Keuntungan Resiprokal :
1.    Memberi umpan balik seketika tanpa ditunda-tunda
2.    Dapat mengembangkan cara kerja dalam tim kecil
3.    Meningkatkan proses belajar mengajar
4.    Siswa dapat menganalisa dan mengambil kesimpulan
5.    Membangun tingkat kedewasaan siswa
  
Kerugian Resiprokal :
1.    Sering menimbulkan situasi yang emosional antara pelaku dan pengamat
2.    Pada umumnya pelaku tidak tahan terhadap kritik siswa pengamat
3.    Sering juga terjadi pasangan ini justru menetapkan suatu perilaku belajar
4.    Penilaian yang tidak subjektif karena hubungan pertemanan
5.    Control guru yang tidak tepat


Menurut kalian menggunakan Metode apa didalam memaksimalkan proses belajar mengajar di dalam kelas. sehingga apa yang di sampaikan oleh Guru sebagai pengajar atau pembimbing dapat diterima dengan baik oleh para siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar