Pages

7 Agustus 2014

Belajar Sejarah Tentang Sepaktakraw

Sejarah Sepaktakraw

Sepaktakraw yang biasa kita kenal dengan  sepak raga ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya olahraga tradisional yang berasal dari bangsa Indonesia dan telah lama berkembang ditanah air khususnya di sekitar daerah pesisir. Bola yang dipakai pada waktu itu masih menggunakan bola  ayaman dari rotan. Ciri khas olahraga ini pada waktu itu atau peraturan permainan saat itu  yaitu : menjaga bola supaya jangan jatuh ketanah atau lantai, menunjukan kemahiran masing-masing dengan variasi cara mengambil bola dan pengambilan bola dengan cepat serta terarah
Bola Takraw

Beberapa daerah di Indonesia di anggap cikal bakal atau asal mula lahirnya sepaktakraw ini, antara lain :
a. Makassar ( Sulawesi Selatan )
b. Minangkabau ( Sumatra Barat )
c. Tapanuli selatan ( Sumatra Utara )
d. kalimantan Selatan.

Sepaktakraw adalah suatu permainan yang dominan menggunakan anggota tubuh bagian bawah, atau kaki. Intinya ketika dalam bermainan sepaktakraw tidak diperkenan kan menggunakan tangan. Kecuali saat melakukan servis dimana bola harus di lambungkan dari apit kiri atau apit kanan.
Olahraga ini dimainkan diatas lapangan seluas lapangan bulutangkis dan di pertandingkan antara dua regu yang saling berhadapan dengan jumlah pemain sebanyak 3 ( tiga ) orang. Kalau dahulu olahraga ini di mainkan secara berkelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar